LAYANAN ADMINDUK DUKCAPIL CERIA MOBILE, BERSEMI PADA MASA PANDEMI. (Bagian II)

Catatan : Fauzi Al Azhar. *)

0 31

BERSEMI DIMASA PANDEMI.

Pariaman, TINTA RAKYAT – Pandemi merupakan berkah dalam penerapan inovasi. Pandemi corona yang muncul di Indonesia sejak ditemukan kasus pertama pada 2 Maret 2020 serta penerapan kebijakan PSBB pada awal April 2020 memberikan dampak positif pada inovasi layanan DCM. PSBB mengubah model pelayanan di Disdukcapil. Dari 21 loket pelayanan tatap muka, dengan PSBB yang dibuka hanya menjadi lima loket pelayanan, yaitu loket 1-3 untuk front office sekaligus verifikasi data pelayanan, loket 21 untuk pelayanan perekaman serta loket 20 untuk penyerahan dokumen. Kelima loket pelayanan dilengkapi dengan sarana dan prasarana sesuai protokol kesehatan.

Puncak tertinggi pengajuan layanan adminduk online adalah, pada bulan Juni 2020. Dengan total pengajuan permohonan 14.119 dan angka tertinggi harian pada tanggal 9 Juni 2020 sebanyak 855 permohonan. Tingginya pengajuan layanan pada bulan Juni, terkait dengan pembaharuan data kependudukan, sebagai syarat penerimaan bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa. Hampir semua Nagari memberlakukan kebijakan penyaluran BLT Tahap II, dengan syarat harus melampirkan fotocopy dokumen kartu keluarga terbaru.

Kebijakan ini, sekaligus bagian dari akurasi elemen data kependudukan, salah satunya adalah elemen data alamat penduduk. Masih banyak elemen data alamat penduduk belum dilakukan akurasi, sesuai dengan kebijakan penataan Nagari. Momen penyaluran BLT merupakan salah satu pintu untuk intervensi, dalam akurasi data penduduk di Nagari. Terutama, pada wilayah nagari yang mengalami penataan.

Kolaborasi bersama Nagari.

Keberhasilan penerapan inovasi, sangat ditentukan oleh kemampuan melakukan kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan. Dalam penerapan layanan DCM, Disdukcapil Padang Pariaman menjadikan Nagari sebagai mitra dalam pelaksanaan pelayanan adminduk secara online. Aparatur Nagari merupakan agen, dalam menciptakan pelayanan publik yang membahagiakan masyarakat. Khususnya pelayanan adminduk yang mudah, cepat, dan efisien. Dukungan aparatur Nagari, sangat menentukan keberhasilan penerapan layanan adminduk online. Sedangkan Kantor Nagari merupakan “gerai pelayanan” bagi Disdukcapil.

Sebagai gerai pelayanan, Kantor Nagari harus memenuhi aspek-aspek pelayanan publik. Sesuai ketentuan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 17 Tahun 2017 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Penerapan aspek-aspek pelayanan publik dalam level Nagari, dilakukan melalui fasilitasi pembinaan terhadap Nagari. Pemenuhan aspek-aspek pelayanan publik yang berada dalam kewenangan Nagari, dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja (APB) Nagari. Khusus untuk pelayanan adminduk, Nagari dapat menganggarkan dalam APB Nagari pada Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, sub bidang Administrasi Kependudukan, Pencatatan Sipil, Statistik dan Kearsipan, kegiatan Pelayanan Administrasi Umum dan Kependudukan (ketentuan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa).

Wali Nagari sebagai kepala pemerintahan di Nagari, memiliki tugas menyelenggarakan Pemerintahan Nagari, melaksanakan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat. Administrasi kependudukan, merupakan salah satu fungsi dalam bidang penyelenggaraan pemerintahan. Sedangkan pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat, merupakan bidang pembinaan kemasyarakatan.

Pandemi merupakan berkah bagi pengembangan inovasi, serta dengan kolaborasi bersama Nagari memberikan kemudahan bagi penduduk di seluruh Negeri. Titik konsentrasi pelayanan, yang sebelumnya hanya terpusat pada kantor Disdukcapil, menyebar ke 103 Kantor Wali Nagari. Nilai positif penyebaran ini salah satunya, efisiensi dalam biaya transportasi.

 

Pelayanan adminduk online Dukcapil Ceria Mobile, sudah bisa berlaku 7/24 (tujuh hari seminggu 24 jam sehari). Dengan penerapan tanda tangan elektronik dalam dokumen adminduk, serta dukungan operator WFH yang bekerja dengan fleksibilitas waktu. Masyarakat bisa menikmati layanan adminduk, tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Bisa dari mana saja, dan dapat dilakukan kapan saja.

Semangat Dukcapil Ceria. Inspirasi Pengembangan Inovasi Untuk Kemajuan Negeri. (Selesai)

*) Pemerhati Sosial Masyarakat dan Kebijakan Publik/Dosen STIE Sumatera Barat Pariaman.

 

Ads

IMG-20230107-WA0016
20221218_171931
IMG-20221218-WA0002
20240106_175354
IMG-20230107-WA0016 20221218_171931 IMG-20221218-WA0002 20240106_175354

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!