Seminar entrepreneurship ALSA, Yuliandre Darwis: Pengusaha Jangan Menafikan Kemajuan Bisnis Digital

0 3,160

Jakarta, TINTA RAKYAT – Penasehat Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI DR. Yuliandre Darwis., S.Sos. M.Mass. Comm. berpendapat, pelaku ekonomi harus mampu menjadikan moment pasca pandemi Covid-19, sebagai awal kebangkitan berusaha dengan menciptakan peluang baru dan senantiasa untuk terus berupaya melahirkan inovasi melalui kreativitas sejalan dengan kemajuan informasi dan teknologi digital.

DR. Yuliandre Darwis bicara dihadapan ratusan peserta ALSA Indonesia Seminar Entrepreneurship yang dilaksanakan oleh ALSA (Asian Law Student Asosiation) National. Sabtu (4/2/2023), melalui daring.

Seminar itu, selain diikuti oleh ALSA Chapter Perguruan Tinggi Negeri seluruh Indonesia, juga diikuti oleh praktisi hukum, pelaku ekonomi dan beberapa tenaga pengajar Fakultas hukum dan ekonomi di Indonesia.

Menurut Yuliandre Darwis yang mantan Ketua KPI Pusat itu, bahwa pelaku usaha jangan alergi terhadap bisnis digital, justru harus dapat menyesuaikan diri, jika ingin usahanya maju dan laku. Informasi dan teknologi adalah wujud dari kemajuan dan modernisasi.

Semua bisa dilakukan dari tempat tidur, dapur dan dari ruang rumah. Semua serba praktis, tidak perlu antri dan capek, bahkan bertransaksipun tidak perlu pegang uang tunai. Pelaku usaha yang sebelumnya menjalankan usahanya serba manual, Ini momentnya untuk melakukan perubahan ke era digital, jangan sampai ditinggalkan oleh kemajuan.

Kantor Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI memberi ruang kepada pelaku usaha terutama generasi millineal untuk selalu kreatif dan inovatif menciptakan sebuah produksi. Apakah itu dalam bentuk kawasan wisata produktif, maupun dalam produksi usaha yang kreatif.

Menurut Andre yang biasa dipanggil Uda itu bahwa Menparekraf Sandiaga Uno, senantiasa mendorong kemajuan dan kreasi baru. Sudah seluruh Provinsi dan hampir seluruh kabupaten Kota telah dikunjungi oleh pak Menteri, yang melihat lansung dan memotivasi pelaku usaha untuk terus bergerak maju.

DR. Yuliandre Darwis yang menampilkan judul makalah Pemanfaatan Digitalilasi Bisnis Dalam Membantu Pertumbuhan UMKM itu, menyebutkan bahwa selama pandemi Covid-19 telah memberikan dampak buruk terhadap pekerja Indonesia. Coba bayangkan sekitar 29,4 Juta pekerja di PHK hingga dirumahkan. Akan tetapi, tidak semua pelaku ekonomi yang menurun omzetnya, ada juga yang drastis meningkat misalnya sektor kesehatan, asuransi, suplemen kesehatan, bisnis retail, games, digital content dan bisnis online jasa pengiriman.

Seminar itu dimoderatori oleh Fachri Arsyad. SH alumni Alsa dari Palembang dan Host Adhiqhy Putera Imansyah salah satu National Board dari Alsa Universitas Andalas Padang. Sebelumnya Presiden ALSA Indonesia Tanisha Zhaarfa Maharani dan kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Menteri Sandiaga Uno.

Dalam seminar itu juga ditampilkan narasumber dari OJK, Bank Indonesia, dan praktisi Usaha. (Red)

Ads

IMG-20230107-WA0016
20221218_171931
IMG-20221218-WA0002
20240106_175354
IMG-20230107-WA0016 20221218_171931 IMG-20221218-WA0002 20240106_175354

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!