Diprakarsai DPMD, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur Lakukan Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma dan BBGRM

0 40

Paritmalintang – Tinta Rakyat Sumbar Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman yang diprakarsai oleh Dinas Pembardayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) melakukan Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma ke 6 dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke 19 Tingkat Kabupaten Padang Pariaman tahun 2022. 

Pencanangan dilakukan langsung oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, ditandai dengan pemukulan gong dan penyerahan secara simbolis Peralatan Gotong Royong dan Penyerahan Bantuan Bibit Tanaman Kepada Dasawisma. Penyerahan berlangsung di Hall IKK Kantor Bupati Padang Pariaman di Paritmalintang, Kecamatan Enam Lingkung, Senin (14/03).

Bupati Suhatri Bur dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pencanangan bulan bakti dan BBGRM ini program Tim Penggerak PKK mulai dari tingkat nasional sampai ke daerah. Bertujuan untuk menggelorakan terus menerus semangat dan motivasi kerja bagi pengurus Dasawisma serta melestarikan jiwa semangat Gotong Royong ditengah-tengah masyarakat.

“Gotong Royong ini salah satu aset dan jati diri masyarakat Indonesia, khususnya termasuk masyarakat Padang Pariaman,” Sebutnya.

Dia berpendapat, keberadaan dan fungsi kelompok Dasawisma dan Kader PKK sangatlah strategis. Dimulai dari memberdayakan diri sendiri dalam upaya memberdayakan keluarga dan memberdayakan masyarakat. 

“Dasawisma dan Kader PKK sangat strategis dalam upaya memberdayakan masyarakat, yang pada akhirnya akan menciptakan kontribusi. Baik secara langsung maupun tidak langsung dalam pembangunan yang berkelanjutan,” Sebutnya lagi.

Selanjutnya, Bupati Suhatri Bur juga berharap peran strategis Tim Penggerak PKK mampu memberikan kontribusi dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Padang Pariaman ke depan.

“Kehadiran Tim Penggerak PKK dengan 10 program pokoknya sangat dibutuhkan dalam memberikan motivasi dan dorongan serta ide-ide kreatif kepada stake holder pembangunan, baik itu kepada pemerintah langsung maupun kepada mitra pemerintah dan masyarakat,” ujarnya berharap.

Sebelumnya Kepala DPMP Hendri Satria dalam laporannya menyampaikan bahwa Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini adalah merupakan tindak lanjut dari kegiatan Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tingkat Propinsi Sumatera Barat, yang telah dicanangkan Oleh Gubernur Sumatera Barat bersama Ketua TP PKK Propinsi Sumatera Barat, bertempat di Kabupaten Dharmasraya pada hari Rabu tanggal 9 Maret 2022 yang lalu.

“Pencanangan ini dilakukan menindaklanjuti pencanangan tingkat provinsi yang telah dilaksanakan satu minggu yang lalu,” Sebutnya.

Hendri juga menyebutkan bahwa pencanangan kali ini diupayakan adanya kolaborasi bersama antara Tim Penggerak PKK Kabupaten Padang Pariaman dengan OPD terkait,  yaitu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Perikanan dan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

“Membangun Kolaborasi dan Sinergitas Program dan Kegiatan antara TP PKK dengan Pemerintah Daerah dan  Pemerintah Nagari dalam bergotong royong bersama mensukseskan pencapain 10 Program Pokom PKK di Kabupaten Padang Pariaman” Harapnya

Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan pelantikan dan pengukuhan kepengurusan Forikan Padang Pariaman dan Launching Innovasi Nagari Siaga Tanggap Bencana (Nan Sigap) Kabupaten Padang Pariaman.

Acara Pencanangan dihadiri oleh TP PKK Kecamatan dan Nagari Se Padang Pariaman. Camat, Wali Nagari, dan Pengurus Kelompok Dasawisma se Kabupaten Padang Pariaman.

Ikut hadir Unsur Forkopimda Padang Pariaman, Ketua TP PKK Yusrita Suhatri Bur, Ketua GOW Yusneli Rahmang, dan Ketua Dharmawanita Yanti Rudy R Rilis, Kepala Perangkat Daerah terkait, beserta kader PKK se Kabupaten Padang Pariaman. (MHK)

Ads

IMG-20230107-WA0016
20221218_171931
IMG-20221218-WA0002
20240106_175354
IMG-20230107-WA0016 20221218_171931 IMG-20221218-WA0002 20240106_175354

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!