Museum Kota Sawahlunto diserbu, Sebanyak 757 Pelajar Se Sumatera Barat Hadir Mengunjungi

Sawahlunto, Tinta Rakyat Sumbar – Museum kota Sawahlunto diserbu pelajar dari tingkat SLTP dan SLTA se Sumatera Barat. Kedatangan Siswa/i yang berasal dari berbagai SLTP dan SLTA se-Sumatera Barat tersebut adalah dalam kegiatan Sekolah Masuk Museum 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Permuseuman dan Peninggalan Bersejarah (DKP2B) Kota Sawahlunto, mulai tanggal 26 hingga 28 Juli 2022 ini. 

Kepala DKP2B, Hilmed, mengatakan kegiatan tersebut dibiayai melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP).

“Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk lebih mengenalkan dan mendekatkan generasi muda kepada museum sebagai salah satu media pendidikan,” katanya.

“Sesuai dengan tema yang diusung yaitu “Museum sebagai Media Pendidikan menuju Generasi Muda yang Berkarakter dan Berbudaya” para pelajar ini kita bawa berkeliling ke beberapa museum yang ada di kota Sawahlunto. Agar mereka merasa lebih dekat dan mencintai museum serta juga dalam rangka memperingati promosi wisata budaya Kota Sawahlunto,” papar Hilmed.

Disela berlangsungnya kegiatan pada Selasa (26/7/2022), Kepala Bidang Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman Rahmad Gino Sea Games menuturkan pada awak media, bahwa selain kunjungan ke berbagai museum yang ada, para pelajar juga akan dibawa menjelajahi kota lama.

“Dari Museum, kita akan menjelahi kota lama. Para pelajar juga akan diikutkan dalam lomba posting foto di Instagram dengan berbagai hadiah menarik serta quiz terkait museum dan warisan dunia Sawahlunto,” kata Gino.

Adapun rangkaian kegiatan kunjungan dari berbagai sekolah se-Sumatera Barat tersebut diawali pada hari pertama, Selasa 26 Juli 2022 yang terdiri dari pelajar Sawahlunto sebanyak 100 orang, Sijunjung sebanyak 90 Orang dan Solok sebanyak 60 Orang.

Dilanjutkan pada hari Rabu 27 Juli 2022, Sawahlunto sebanyak 70 Orang, Bukittinggi sebanyak 120 Orang, Padang Panjang sebanyak 75 Orang dan pada hari terakhir Kamis 28 Juli 2022 terdiri dari pelajar Sawahlunto sebanyak 90 Orang, Solok Selatan sebanyak 72 Orang dan pelajar dari Dhamasraya sebanyak 80 Orang. (𝙳/𝙽𝚛)

Kota SawahluntoMuseum
Komen (0)
Tambah Komen