Menghadapi “Sapa Ketek” di Masa Pandemi, Petugas Lakukan Monitoring dan Pengawasan di Lokasi Makam Syekh Burhanuddin

0 65

 

Ulakan Padang Pariaman, Tinta Rakyat – Kegiatan “Sapa Ketek” merupakan ziarah kedua yang biasa disebut oleh masyarakat setempat, sedangkan “Sapa Gadang” jatuh pada hari Rabu minggu sebelumnya. Tepat pada Rabu ini (14/10) jadwalnya Sapa Ketek, dimana para jemaah tariqat syatariah berkunjung untuk ziarah ke Makam Syekh Burhanuddin di Ulakan. Namun karena bersamaan dengan Pandemi Covid-19 yang melanda daerah ini, kunjungan jemaah dari berbagai pelosok sangat jauh berkurang dari tahun sebelumnya.

Untuk menjaga keselamatan jemaah dan masyarakat setempat, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman tetap melakasanakan monitoring dan pengawasan protokol Covid-19 di setiap pintu masuk menuju Makam Syech Burhanuddin dan posko kesehatan di pelataran Mesjid agung.

Dalam kegiatan tersebut yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Nan Sabaris AKP Yusrizal Efendi, SE. beserta anggota Bhabinkamtibmas, didampingi Kasi Trantib Kecamatan Ulakan Tapakis Anesa Satria,SH.MM. melakukan pembinaan dan penyuluhan terhadap jemaah yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

Berdasarkan keterangan dari Pengurus makam Helmi, biasanya dalam pelaksanaan Sapa Ketek jemaah yang datang dari dalam wilayah kabupaten Padang Pariaman. Dan mereka hanya berdoa sebentar di makam dan setelah itu langsung pulang.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Nan Sabaris membagi-bagikan masker kepada penziarah dan melakukan himbauan kepada penziarah untuk selalu mengikuti anjuran Pemerintah tentang protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Terutama pola 3M yaitu dengan selalu menjaga jarak, memakai masker, dan selalu cuci tangan atau membawa hansanitizer.

Menurut Yusrizal Efendi, terlihat arus lalu lintas di seputaran Komplek makam dan situasi arus kendaraan ramai lancar. Bagi kendaraan para jemaah yang bersikukuh untuk datang, dilakukan penyetopan dan kendaraan pengangkut jemaah parkir di luar area Komplek Makam Syekh Burhanuddin. Hal ini dilakukan, untuk menghindari penumpukan jemaah pada titik tertentu yang bisa menimbulkan claster baru covid-19.

“Alhamdulillah, berkat dukungan dari personil Satlantas Polres dan tim gabungan dari Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kabupaten Padang Pariaman, situasi pelaksanaan ziarah Sapa Ketek dapat terlaksana sebagaimana mestinya dan arus lalulintas juga dapat berjalan dengan tertib dan lancar”. Ujar Yusrizal mengakhiri pembicaraan.(AS)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!