Kabupaten Padang Pariaman sosialisasikan Aksi DERAP Covid-19

0 26

 

 

Paritmalintang, Tinta Rakyat – Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman mengadakan Kegiatan Sosialisasi Aksi DERAP Covid-19, dengan menghadirkan pembicara dari Tim Aksi DERAP Provinsi Sumatera Barat, yaitu Desra Elena Kasi Promkes Dinas Kesehatan yang didampingi oleh anggota Tim lainnya Buya M Rifki dari Kanwil Kementrian Agama dan Nova dari Dinas Pendidikan Prov. Sumbar.

Acara Sosialisasi yang dilaksanakan di Aula Dinkes pada hari Selasa (13/10) itu, tetap memperhatikan dan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19. Dengan menghadirkan peserta yg terbatas jumlahnya, tetap menjaga jarak, dan peserta yang hadir diwajibkan pakai masker.

Bupati menyampaikan melalui Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Padang Pariaman, sangat menyambut baik kegiatan sosialisasi ini dan berterima kasih kepada Tim DERAP Covid-19 Sumatera Barat, yang telah mau berbagi ilmu serta menginspirasi petugas Covid-19 Padang Pariaman.

Kadis Kesehatan, Yutiardy Rivai dalam sambutannya menyampaikan beberapa harapan. Agar kedepannya ada keseriusan yang lebih, dalam aksi memutus mata rantai penyebaran Covid 19 dan melibatkan semua unsur masyarakat.

“Memutus mata rantai penyebaran Covid-19 tidak bisa hanya diserahkan kepada Dinas Kesehatan saja, harus ada sinergisitas atau aksi bersama dan dilaksanakan secara terintegrasi oleh semua OPD, Kecamatan, Nagari, serta melibatkan potensi-potensi kader yang menjadi ujung tombak dari dinas terkait. Kita berharap agar semua OPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman terutama OPD terkait, dapat menganggarkan biaya Pencegahan Covid-19 pada APBD tahun 2021”. Ungkap Yutiardy berharap.

Desra Elena menyampaikan dalam paparannya, bahwa Dinas Kesehatan Provinsi mencoba merancang Aksi DERAP COVID-19 (Kader Tanggap COVID-19) ini. Kami menitikberatkan, agar semua masyarakat mampu menjadi kader atau pelopor untuk perubahan perilaku dimasa Pandemi Covid-19. Untuk itu, diperlukan tekad bersama untuk mewujudkan DERAP COVID-19 ini. Dengan mengajak masyarakat UNTUK BERUBAH, USIR WABAH dengan menjalankan protokol kesehatan dan mengimplementasikan adaptasi kebiasaan baru secara bersama.

“Semakin meluasnya dampak wabah ini, perlu disikapi dengan percepatan peningkatan pengetahuan masyarakat untuk mengatasi potensi resiko dan ancaman masalah kesehatan. Agar masyarakat mampu mengambil langkah tepat dan cepat, untuk melindungi diri dari penyebaran Covid-19. Karena, cepat atau lambat persebaran virus bukan ditentukan oleh virus. Tetapi ditentukan oleh kemauan masyarakat untuk mematuhi dan menegakkan disiplin, dalam menjalankan protokol kesehatan.” Papar Elena menerangkan.

“Penerapan Aksi DERAP ini, adalah upaya memperkuat aksi dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat dengan prinsip pemberdayaan masyarakat. Aksi ini merupakan pendekatan yang efektif dan efisien, sehingga masyarakat dapat belajar dan bertanggungjawab atas kesehatan mereka sendiri”. ujar Desra Elena yang akrab dipanggil Lelen ini menambahkan.

Senada dengan Kadis Kesehatan, Nurhayati, SSit.MARS Kabid Kesmas menyampaikan, “Sebelum pelaksanaan Sosialisasi DERAP Covid-19 ini, kita sudah melakukan sosialisasi dan mengkampanyekan Protokol Kesehatan Covid-19 kepada masyarakat dengan melibatkan organisasi lintas sektor di kecamatan”.

“Kami bersama Camat, Kapolsek, Danramil dan Wali Nagari, serta anggota Bhabinkamtibmas, Babinsa dan tim dari Puskesmas di wilayah setempat, menyampaikan himbauan secara langsung ke pasar-pasar tradisional yang ada di Kabupaten Padang Pariaman. Sosialisasi melalui media massa, media luar ruang seperti sticker, spanduk dan baliho. Bahkan penyampaian informasi dengan social media, juga kita gencarkan. Namun karena berbagai keterbatasan, upaya yang dilakukan memang masih sedikit dan belum maksimal hasilnya”. Ujarnya mengakui.

Mila sapaan akrab Kabid. Kesmas ini menambahkan, Sosialisasi DERAP Covid-19 ini menjadi inspirasi kami dalam melakukan aksi kedepannya. Kita akan tindaklanjuti dan akan melakukan gerakan serupa, dalam membentuk rencana Aksi Kader Tanggap Covid-19 di kabupaten Padang Pariaman.

“Insya Allah dalam bulan ini akan diterbitkan SK. Tim nya. Tentu dengan harapan, kedepan ada sinergisitas dalam melakukan giat ini bersama tim DERAP Covid-19 Kabupaten. Dimana, didalamnya terlibat seluruh unsur OPD dan Instansi vertikal yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman” . terang Mila mengakhiri pembicaraan. (AS/MHK)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!