Adi Saputra: Peran Milenial Padang Pariaman akan Mewarnai Helat Pilkada

0 146

 

Padang Pariaman, Tinta Rakyat – Tanggal 9 Desember 2020, akan dihelat Pilkada Gubernur dan Bupati di Padang Pariaman. Tinggal hitungan hari, momentum ini merupakan moment penting bagi generasi muda untuk ikut andil dan dapat mewarnai Pilkada dan juga ikut mensukseskan perhelatan demokrasi tersebut.

Generasi muda yang identik dengan Kaum Millenial adalah sebagai tombak perubahan bangsa yang dapat menstabilkan ekonomi, dapat menciptakan lapanagan pekerjaan, dan dapat bergandengan tangan dengan pemerintah dalam pembagunan. Generasi Muda Millenial adlah tolak ukur dari peradaban suatu bangsa.

“Daerah dalam hal ini Padang Pariaman butuh generasi muda yang tangguh, mempunyai solusi dan aktif membangun potensi diri. Bukan sekedar ngopi membahas bagian mana yang dapat dikritisi. Millenial bisa mengambil peran dengan menjadikan pilkada ditengah pandemi ini dengan kecangihan teknologi yang memang banyak digandrungi anak muda,” kata Ketua Karang Taruna Kecamatan Ulakan Tapakis, Padang Pariaman, Adi Saputra ketika ditemui media, Minggu (18/10).

Menurutnya, Kaum Millenial dapat memanfaatkan Pilkada itu dengan cara berkampanye sistim digital. Jadi artinya, Kaum Millenial yang mempunyai wadah dan kreatif juga inovatif memanfaatkan teknologi digital dan kecangihan IT untuk mengintergrasikan sistem digital yang befaedah demi mewujudkan demokrasi yang moderen dan berkualitas.

Para Millenial, kata dia, ditantang untuk melahirkan inovasi dan terobosan yang dapat mensukseskan Pilkada dan dapat memberdayakan diri dalam era saat ini. Misalnya cara mengkampanyekan pasangan calon dengan mengunakan digital dan membuat aplikasi yang memudahkan para pemilih untuk mentracing calon pemimpinnya.

“Para millenial ditantang untuk melahirkan inovasi. Misalnya menformulasikan sistem Pemilu e-voting yang tetap menjunjung Prinsip Pemilu: Luber dan Jurdil. Kelompok millenial juga bisa menjadi EO kampanye virtual di Pilkada 2020 yang efektif, efisien, terjangkau banyak orang dan visi misi kandidat bisa diterima masyarakat,” kata mahasiswa UIN ini.

Ditengah pandemi Covid-19 inilah saatnya, kaum millenial dapat melahirkan terobosan-terobosan dalam meraih suara terbanyak pada masing-masing calon bupati Padang pariaman. Yakni dengan mengunakan Smart Phone di tangan-tanagan mereka itu, karena mereka-mereka itu telah mempunyai wadah.

Ia berharap, masing-masing pasangan calon Bupati Padang Pariaman agar dapat menjalankan tahapan kampanye dengan mematuhi UU PKPU No 6 Tahun 2020 Pasal 27 dan 28 tentan pelaksanaan Pilkada dimasa Pandemi Covid-19. Yang bertujuan, agar tidak terjadinya peningkatan kasus Covid-19 ditengah Pilkada, khususnya Padang Pariaman. (AS)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!