Walikota Sawahlunto beri Apresiasi Kemajuan Desa Kubang Tangah dalam Sektor Pertanian.

0 7

Sawahlunto, Tinta Rakyat – Memanfaatkan hari libur, Walikota Sawahlunto Deri Asta SH pada Minggu (10/1) bersama Kadis Pertanian, Lelis Epriyenti, General Manager (GM) PT. Bukit Asam – Unit Penambangan Ombilin (BA – UPO) Yulfaizon, mengunjungi Kelompok Petani Wanita tangguh, Bawang Merah, Desa Kubang Tangah Kecamatan Lembah Segar yang cukup aktif dalam sektor hortikultura dan tengah melaksanakan kegiatan panen raya bawang merah.

Panen raya bagi kelompok petani Bawang Merah, Desa Kubang Tangah ini, dengan memanfaatkan hamparan lahan yang cukup luas di daerah tersebut. Hal ini bisa terlaksana, berkat dukungan penuh dari Pemerintah Desa Kubang Tangah.

“Kita luangkan waktu untuk berkeliling ke setiap dusun untuk bertemu dengan warga atau bebarapa petani dan memotivasi serta menerima berbagai saran dan masukan dari mereka,” ungkap Rice Kepala Desa Kubang Tangah kepada media beberapa waktu lalu.

Diketahui, program pro pertanian yang sedang digerakkan oleh Pemerintah Desa Kubang Tangah ini, sangat cocok dan sesuai karena potensi lahan pertanian di kawasan ini. Karena lahannya sangat luas dan belum tergarap secara maksimal. Sehingga selama ini, hasil pertanian belum mampu meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat setempat.

Untuk itu, Pemerintah Desa Kubang Tangah Kecamatan Lembah Segar memberikan berbagai bantuan. Seperti benih dan pupuk, untuk membantu masyarakat dalam mengolah dan mengembangkan lahan pertanian. Bahkan pemilik lahan pertanian yang ada di Desa Kubang Tangah, dibebaskan dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Karena, pajaknya telah dibayarkan dengan uang pribadi Rice. Ini merupakan program dan inisiatifnya, sebagai Kepala Desa.

Program dengan membayarkan PBB untuk seluruh lahan pertanian di Desa Kubang Tangah tersebut, bertujuan untuk memotivasi dan membantu masyarakatnya. Agar mereka bisa menggarap lahan pertaniannya secara maksimal, sehingga tidak ada lagi lahan tidur atau yang belum tergarap.

“Silahkan masyarakat beramai-ramai menggarap lahan pertaniannya. Untuk lahannya tidak perlu lagi membayar pajak. Karena sudah dibayar lunas, dengan total pajaknya sebesar Rp. 14 juta. Sementara, kalau membutuhkan benih dan pupuk untuk mengolah lahannya, kita akan bantu dari anggaran Pemerintahan Desa. Silahkan diajukan permohonan, nanti kita tindaklanjuti,” pungkas Rice bersemangat.

Sementara itu, Walikota Sawahlunto Deri Asta SH. yang datang menghadiri panen raya bawang ini, sangat mengapresiasi program pertanian dari Desa Kubang Tangah tersebut. Dikatakan, program seperti inilah yang hendaknya dijalankan oleh setiap Desa di Kota Sawahlunto. Khususnya daerah yang memiliki potensi lahan pertanian luas dan belum tergarap. Pemeribtah Desa Kubang Tangah ini bisa kita jadikan contoh, dalam memotivasi masyarakatnya untuk menggarap lahan tidur

Lebih lanjut Deri Asta mengatakan, “semangat yang luar biasa, muncul dari para petani dan dukungan datang dari Pemerintah Desa Kubang Tangah. Maka tentu kita dari Pemerintah kota, juga akan mendukung penuh. Dalam hal ini melalui Dinas Pertanian, untuk mengarahkan sesuai ilmu dan teknik bertani yang profesional. Agar mereka bertani, bisa mendapatkan hasil secara optimal,” pungkas Deri Asta yang didampingi oleh Yulfaizon, GM PT. BA yang juga merupakan putra asli Kubang Kota Sawahlunto. (D/Nr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!