Pemkab. Padang Pariaman Gelar Rapat Koordinasi Dukungan Kelancaran Penyelenggaraan Pilkada Serentak.

0 39

Parit Malintang, Tinta Rakyat – Melalui koordinasi dan komunikasi yang intensif, kita tingkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020. Demikian bunyi thema dari Rapat Koordinasi (Rakor) dukungan kelancaran penyelenggaraan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati, yang akan digelar tanggal 9 Desember 2020 di kabupaten Padang Pariaman. 

Rapat koordinasi yang merupakan sinergitas antara Pemerintah Daerah dengan KPUD dan Bawaslu tersebut, dilaksanakan pada Kamis (3/12) bertempat di Hall IKK Kantor Bupati nagari Parit Malintang Kecamatan Enam Lingkung. Sedangkan peserta sosialisasi, berasal dari Forkopimda, Kepala OPD, Camat beserta Kasi Trantib. se Kabupaten Padang Pariaman.

Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Padang Pariaman Sadril dalam laporannya mengatakan. Rakor ini diadakan, untuk persiapan penyelenggaraan Pilkada tahun 2020 di Kabupaten Padang Pariaman. Dimana ini dalam pesta demokrasi ini, merupakan perwujudan untuk melaksanakan kewajiban Pemerintah Daerah terhadap suksesnya Pilkada yang digelar secara serentak di seluruh Indonesia.

“Tujuan dari kegiatan ini, untuk persamaan persepsi dan penyatuan sinergitas dalam mensukseskan Pilkada tahun 2020 di Kabupaten Padang Pariaman. Kegiatan ini diikuti oleh semua stakeholder terkait, mulai Instansi vertikal hingga tingkat Pemerintahan Nagari,” tutupnya.

Dalam sambutannya saat membuka Rapat Koordinasi tersebut, Pjs. Bupati Padang Pariaman Adib Alfikri,SE.,MSi. mengatakan. Memberikan apresiasi kepada jajaran Kesbangpol atas terselenggaranya kegiatan ini, sebagai upaya untuk meningkatkan koordinasi dan dukungan kelancaran penyelenggaraan Pilkada di Kabupaten Padang Pariaman.

“Adapun peran Pemerintah dalam Pilkada, diantaranya sebagai komunikator dalam segala arah. Yaitu dengan memberdayakan infrastruktur politik dan organisasi kemasyarakatan, agar tidak terjadi penyimpangan dengan ideologi negara yaitu Pancasila sebagai dasar negara. Selanjutnya, peran sebagai komunikator harus dapat menjalin komunikasi yang terarah dengan seluruh lapisan masyarakat. Serta memiliki kepedulian yang tinggi atas kelangsungan pembangunan yang berwawasan kebangsaan”. ungkapnya.

Adib juga mengatakan, peranan lain dari pemerintah adalah sebagai fasilitator dan mediator. Peran mediator, untuk menciptakan kerukunan dan kehidupan kemasayarakatan berdasarkan atas perbedaan ikatan primadiolisme dan menghargai pluralisme dalam wadah NKRI berdasarkan pancasila dan UUD 45. Begitu juga dalam memelihara kewaspadaan atas setiap gejala yang mengarah kepada tindakan pemecah belahan komponen bangsa, baik yang bersumber dari dalam maupun dari luar.

“Upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dalam meningkatkan stabilitas politik di daerah adakah, dengan mengajak peran serta dari segenap komponen atau komunitas masyarakat. Terutama partai politik, ormas dan komponen masyarakat, untuk menciptakan suasana politik yang kondusif serta memberikan kontribusi terhadap semua lapisan masyarakat”. jelas Adib menutup pembicaraan.

Pada sesi selanjutnya, penyampaian paparan dari Anggota Bawaslu Provinsi Sumatera Barat Vifner, SH.MH. Peran Pengawas dalam pelaksanaan Pilkada dan netralitas PNS, menjadi topik dari materi yang disampaikan.

Kemudian, dilanjutkan paparan Ketua KPUD kabupaten Padang Pariaman Zulnaidi, SH. Dia menyampaikan materi, terkait persiapan Pelaksanaan Pilkada dan pendistribusian logistik.

“KPUD selaku penyelenggara Pilkada, mengharapkan dukungan penuh dari Camat dan Wali Nagari dalam pelaksanaan pesta demokrasi ini. Sampai saat ini, koordinasi antara Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dengan Camat dan Forkopimca masih terlihat bagus. Begitu juga antara Panitia Pemungutan Suara (PPS) dengan Pemerintah Nagari”. Jelasnya.

Dia berharap, agar pihak Kecamatan Polsek dan Koramil serta Pemerintah Nagari untuk dapat memfasilitasi pendistribusian logistik hingga ke TPS serta menjaga keamanan alat-alat peraga hingga Pilkada selesai dilaksanakan. Sehingga Pilkada serentak yang damai dan badunsanak di kabupaten Padang Pariaman bisa diwujudkan. (AS)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!