Pekat IB Padang Pariaman bentuk Koperasi, Bantu Ekonomi Anggota Terdampak Covid-19.

0 128

Padang Pariaman, Tinta Rakyat – Seperti diketahui, saat ini daerah kita masih dilanda Pandemi Covid-19. Dan tidak ada yang bisa memastikan, kapan Pandemi ini akan berakhir. Rata-rata masyarakat kita mengalami kelumpuhan ekonomi, termasuk juga anggota organisasi Pembela Kesatuan Indonesia Bersatu (Pekat-IB) Kabupaten Padang Pariaman. Untuk itu, diperlukan upaya dan kepedulian dalam membantu ekonomi anggotanya keluar dari keterpurukan ekonomi. Dalam hal ini, akan dibentuk sebuah badan usaha yang diberi nama Koperasi Konsumen Pekat IB Padang Pariaman.

Pembentukan koperasi tersebut, diawali melalui Rapat Pengurus Sabtu (9/1) bertempat di Sekretariat DPD Pekat IB Padang Pariaman. Terlihat hadir dalam Rapat itu, Beni Ridola U, SE. PPKL Kementrian Koperasi pada Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja Koperasi dan UKM Kabupaten Padang Pariaman, Pengurus DPD dan pengurus Pekat IB Kecamatan se Kabupaten Padang Pariaman.

Pada kesempatan itu, Beni Ridola memaparkan tentang seluk beluk perkoperasian dan tata cara pendirian koperasi serta pembuatan AD/ARTnya.

“Koperasi jangan sampai terlalu berharap dengan bantuan pemerintah. Tapi kalau ada bantuan dari pemerintah akan kami informasikan. Untuk saat ini belum ada, hanya bantuan untuk sektor UKM yang ada”. sebutnya.

“Dari tahun 2019 belum ada bantuan untuk koperasi. Karena sekarang ini dititik beratkan bantuan untuk Usaha Kecil Mikro (IKM). Jadi usahakanlah koperasi kita ini bisa besar, tanpa bantuan dari pemerintah”. jelas Beni.

Ketua DPD Pekat IB Padang Pariaman Irmansyah, Amd. menyampaikan kepada media melalui sambungan telepon, pada Minggu (10/1). Bahwa setelah dibentuk koperasi, tidak ada paksaan untuk masuk menjadi anggota koperasi. Karena menjadi anggota koperasi, merupakan kesadaran pribadi dan semangat kebersamaan untuk membantu ekonomi keluarga.

Selanjutnya Irmansyah menjelaskan, dengan jumlah anggota melebihi 1000 orang yang tersebar di 17 Kecamatan itu. Merupakan modal dan potensi yang cukup besar, bagi sebuah koperasi untuk bergerak. Apalagi didukung dengan kepengurusan yang memahami arti dan tujuan dibentuknya koperasi ini, yang akan membantu kesejahteraan anggotanya. Kalau bisa koperasi konsumen Pekat IB Padang Pariaman ini nantinya jadi sentral koperasi di Sumatera Barat.

“Prinsipnya, koperasi konsumen Pekat IB Padang Pariaman dibentuk atas kesadaran dari anggota. Jadi, kalau koperasi ingin besar dibutuhkan kerjasama yang baik, antara pengurus dan sesama kader Pekat IB”. ucap Ketua yang akrab disapa Ir ini.

Dia menyebutkan, Koperasi ini bertujuan untuk membantu anggota Pekat IB Padang Pariaman dalam meningkatkan ekonomi keluarganya. Karena diyakini, banyak masyarakat khususnya anggota Pekat IB yang terganggu usahanya akibat Pandemi Covid-19 ini.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa Pengurus Inti seperti Ketua, Sekreraris dan Bendahara pada DPD Pekat IB Padang Pariaman tidak boleh menjadi pengurus koperasi. Akan tetapi, mereka ditempatkan sebagai pengawas nantinya. Sedangkan sebagai pembina, langsung dijabat oleh Ketua Umum DPP Pekat IB dan Ketua DPW Pekat IB Sumbar.

“Untuk susunan kepengurusan koperasi ini, akan dipilih dalam rapat selanjutnya. Dengan mengundang seluruh anggota Pekat IB, baik di DPD maupun DPK yang ada di Padang Pariaman”. ujar Irmansyah menutup pembicaraan. (AS)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!