Hendri Septa ; Konsep Pariwisata Halal Perlu Inovasi dan Dukungan Semua Pihak.

0 62

PADANG, Tinta Rakyat – Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa menghadiri sekaligus memberikan kuliah umum, dalam acara pelantikan Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Yayasan Kebangkitan Islam Sumatera Barat (STAI-YKI Sumbar), Dr.(Cand) Afrizal, MA. MA.m bhakti 2021-2025, di aula kampus STAI-YKI Sumbar, Jalan Rasuna Said Padang, pada Sabtu (20/2).

Pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Yayasan STAI-YKI Sumbar, Drs. H. Zen, dan dihadiri oleh segenap pengurus STAI-YKI Sumbar. Wawako Hendri Septa menyampaikan kuliah umum dengan judul Konsep Pariwisata Halal.

Dalam sambutannya, Wawako Hendri Septa menyampaikan ucapan selamat kepada Afrizal yang telah dilantik menjadi Ketua STAI-YKI Sumbar masa bhakti 2021-2025.

“Atas nama Pemerintah Kota Padang, Saya ucapkan selamat kepada Afrizal. Semoga dibawah kepemimpinannya STAI-YKI Sumbar akan lebih maju, mampu melahirkan mahasiswa yang unggul dalam ilmu akademik dan keagamaan serta mampu membawa STAI-YKI Sumbar menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia”. sebut Hendri.

Dalam kuliah umum yang disampaikan Hendri Septa, mengenai wisata halal. Sejak Sumatera Barat mengukuhkan diri sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia, pada ajang World Halal Tourism Award 2016. Otomatis Kota Padang pun identik dengan kota “Halal Tourism”.

“Dengan prestasi yang diraih Provinsi Sumatera Barat, tentunya Kota Padang selaku ibu kota Provinsi mesti terus melakukan inovasi inovasi. Khususnya dalam sektor wisata halal ini, walaupun masa pendemi yang masih melanda negeri ini”. jelas Hendri Septa yang sebentar lagi akan menjabat Wali Kota Padang itu.

“Pariwisata halal adalah bagian dari industri pariwisata, yang ditujukan untuk menarik para wisatawan muslim mancanegara datang ke Indonesia. Caranya adalah dengan menyediakan restoran halal (tidak menjual makanan dan minuman non halal), penginapan halal, fasilitas ibadah yang dilengkapi dengan kamar mandi dan air untuk wudhu. Tentunya juga, tanpa mengurangi faktor pendukung lainnya. Karena, pariwisata juga merupakan suatu sektor yang melibatkan seluruh pihak secara lintas sektoral”. kata Hendri Septa menjelaskan.

Hendri Septa juga menambahkan, konsep wisata halal sejalan dengan visi Wali Kota Padang dan Wakil Wali Kota Padang periode 2019-2024, yakni, Mewujudkan Masyarakat Kota Padang Yang Madani Berbasis Pendidikan, Perdagangan dan Pariwisata Unggul Serta Berdaya Saing”.

“Kita bertekad mendukung dan menggalakkan konsep wisata halal di Kota Padang. Kita coba bekerjasama dengan para pemilik hotel, dalam upaya memajukan industri pariwisata halal di Kota Padang,” ujar Hendri Septa.

Diakhir kuliah umum Hendri Septa menekankan, bahwa dalam membangun konsep wisata halal kita tetap mengedepankan kenyamanan, keindahan dan keramahan. Harapannya tentu ini bukan sekedar retorika, tentunya kerja nyata dari seluruh pihak sangat dibutuhkan. Agar pariwisata halal ini betul betul menjadi ciri khas industri pariwisata, khususnya di Kota Padang. (AJ)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!