Dengan Dukungan Niniak Mamak dan Rantau, Afrianto Dt. Maninjun Siap Bangun Nagari Sicincin.

0 348

Sicincin, Tinta Rakyat – Rencana pembangunan Pasar Nagari Sicincin bukanlah isapan jempol. Hal ini terbukti, dengan sudah dilakukannya rapat niniak mamak serta tokoh masyarakat Sicincin. Adalah Afrianto Datuak Maninjun sang inisiator pembangunan, seorang anak Nagari Sicincin yang ingin berbuat dan mengabdikan dirinya untuk Nagari tanah kelahiran tercinta.

Kepada media, pada Selasa (29/6) Afrianto Datuak Maninjun mengatakan. Bahwa Nagari Sicincin Kecamatan 2 x 11Anam Lingkuang Kabupaten Padang Pariaman adalah Nagari Pasamaian Adaik. Istilah urang Tuo dahulu, Ikue darek Kapalo rantau. Dengan Filosofi tersebut, maka saya berharap Nagari Sicincin yang memiliki kesatuan adat yang kuat, menjadi icon Padang Pariaman serta definisi suatu Nagari punyo Balai nan bagonjong, musajik nan ba puncak, ba labuah ba tapian dan ba medan nan manjilih. Dengan dasar itulah, Pasa Kagadangan niniak mamak Sicincin harus dibangun dan dikembangkan, kemudian dipelihara dan dirawat oleh generasi selanjutnya.

“Perencanaan Pasar Nagari Sicincin dibangun empat lantai, dengan masa 25 tahun kuasa pengembang. Setelah itu dikembalikan ke Nagari atau Kerapatan Adat Nagari (KAN) sebagai Pasa Kagadangan Niniak Mamak Nagari Sicincin. Kalau tidak dimulai dari sekarang, Nagari Sicincin tidak akan berubah dan gerak pembangunan tidak akan dirasakan oleh masyarakat”. ungkap Afrianto.

Dari awal memang Afrianto Dt. Maninjun berinisiatif melakukan upaya ke berbagai pihak, melalui lobi yang alot. Akhirnya melalui Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, lobi dengan investor tercapai dengan sumber pembiayaan melalui dana OTP. Pihak pengembang berencana membangun pasar nagari Sicincin yang representatif dan modern.

Senada dengan itu, Sesepuh Nagari Sicincin Mayjen TNI. Purn. Dr. H. Syamsu Jalal, MH mengatakan kepada awak media, ini langkah dan awal yang baik membangun nagari yang di lakukan Afrianto Dt. Maninjun sangat positif dan mendukung upaya pembangun Pasar Nagari Kagadangan Niniak Mamak ini.

“Ini adalah harapan Kami, kok ketek tapak tangan Jo niru kami tampuang (kalau telapak tangan kecil dengan niru kami terima) dan mohon do’a agar proses ini berjalan lancar dan sukses”. ucap sang jenderal mantan Danpuspom TNI itu.

Diketahui, melalui dukungan niniak mamak dan tokoh Nagari Sicincin, Afrianto Datuak Maninjun pada tanggal 18 Juni 2021 lalu, sudah mendaftar diri sebagai Bakal Calon Wali Nagari Sicincin Kecamatan 2 x 11 Anam Lingkuang Kabupaten Padang Pariaman. Pada Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) serentak yang akan dilaksanakan tanggal 31 Oktober 2021 mendatang.

Pada kesempatan itu, juga ikut mendampingi pengacara muda Ferry Indria Nugrah, SH serta tokoh masyarakat lainnya Datuak Maninjun Afrianto diterima berkasnya oleh panitia. Panitia Pilwana mengatakan akan menghubungi apabila ada kekurangan berkas atau sudah cukup.

Disisi lain, tokoh muda Sicincin Ferry Indria Nugrah, SH. yang juga seorang pengacara mengatakan. Datuak Maninjun sangat berpeluang lolos pada pencalonan dan percaya dengan ketokohannya. Hal itu dibuktikan dengan dukungan dari niniak mamak dan tokoh-tokoh di rantau yang sangat kuat.

“Datuak Maninjun sangat didukung oleh niniak mamak Nagari Sicincin dan dunsanak di rantau. Beliau juga aktif di berbagai organisasi masyarakat, serta punya talenta dan visioner. Saya berharap, Afrianto Datuak Maninjun dapat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat”. ujar pimpinan Redaksi Investigasi News itu, dengan nada tegas. (AS)

Ads

IMG-20230107-WA0016
20221218_171931
IMG-20221218-WA0002
20240106_175354
IMG-20230107-WA0016 20221218_171931 IMG-20221218-WA0002 20240106_175354

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!