Pentingnya Penggunaan Big Data dalam Mewujudkan Smart Nagari.

Penulis : Anesa Satria, SH.MM. Dt. Asa Nagari *)

0 102

Padang, Tinta Rakyat – Negara Indonesia dengan jumlah penduduk terus saja mengalami peningkatan, diringi dengan begitu kompleks dan beragamnya permasalahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Sehingga menjadi sebuah tantangan yang besar bagi pemerintahan perkotaan, untuk bisa mewujudkan kemajuan kotanya dan memberikan kenyamanan bagi seluruh warganya.

Begitu juga dengan Pemerintahan Nagari di Sumatera Barat atau sebutan ditempat lain Desa dan Kelurahan, sebagai Pemerintahan terendah di negara kita. Karenanya, pembangunan di Indonesia dan di perkotaan tidak bisa dipisahkan dengan pembangunan di Nagari. Artinya, apabila suatu Nagari itu sudah dapat dikatakan maju, maka dengan sendirinya Kota itu akan maju dan masyarakatnya juga akan menjadi cerdas. Maka akan terwujudlah, yang kita kenal dengan istilah “Smart City”.

Saat ini Smart City, menjadi perbincangan hangat dan diharapkan mampu menjadi langkah besar untuk kemajuan sebuah Kota. Sehingga, banyak daerah yang berlomba-lomba untuk mengusung konsep Smart City ini. Dalam mewujudkan konsep ini, sesuai namanya yaitu kota “cerdas” tentu harus memiliki ciri-ciri tersendiri dan spesifiik. Ciri-ciri yang mencerminkan, efesien (efficient city), berdaya tahan (efficient city), ramah lingkungan (eco city), berkelanjutan (sustainable city), layak hidup (liveable city) dan ciri khas lainnya.

Dalam pemikiran penulis, mungkin pelaksanaan konsep Smart City itu bisa dimulai dari Nagari. Yaitu, dengan menerapkan ciri-ciri sebuah kota cerdas diatas, dalam tatanan kehidupan bermasyarakat di nagari. Dimana kultur budaya dan situasinya belum banyak berubah, masih standar dan alami. Kuncinya adalah, semua unsur di nagari harus sepakat dan berkomitmen untuk bersama-sama menjadikan nagarinya pintar dan cerdas, yang selanjutnya disebut dengan istilah “Smart Nagari”.

Untuk bisa memenuhi semua ciri-ciri tersebut, dalam menciptakan sebuah Nagari yang pintar dan cerdas. Maka, kebutuhan data adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Karena data tersebut sangat banyak jumlahnya dan akan terus bertambah dari berbagai sektor kehidupan. Agar semua data tersebut bisa mendukung, dalam mewujudkan Smart Nagari. Maka dibutuhkan sebuah teknologi yang bisa mengintegrasikan setiap data tersebut. Terutama dalam memenuhi kebutuhan data publik dan untuk mengintegrasikan serta menganalisanya dengan bekerja secara real time.

Teknologi yang tepat dalam persoalan data, agar bisa mewujudkan Smart Nagari adalah menggunakan aplikasi Big Data. Banyak juga ysng menggunakan dengan sebutan lain seperti, Satu Data, Bank Data, Open Data, Lumbung Data dan istilah lainnya. Mungkin kata itu sudah tidak asing lagi kita mendengarnya. Pasalnya, teknologi Big Data ini sudah banyak diterapkan oleh Perusahaan yang memang memiliki data dalam jumlah besar. Begitu juga dengan Perguruan Tinggi yang memiliki mahasiswa sangat banyak. Sehingga teknologi Big Data ini, sudah menjadi suatu kebutuhan bagi setiap institusi atau lembaga pemerintahan. Terutama, dalam menghadapi pesatnya kemajuan teknologi di era yang serba digital ini. Layaknya otak pada tubuh manusia, begitulah peranan dari Big Data ini.

Nah, dalam membantu mewujudkan Smart Nagari. Penulis dapat jelaskan beberapa manfaat yang akan didapatkan, apabila menggunakan Big Data ini ;

1. Manajemen yang Lebih Baik.

Hadirnya smart nagari ini tentu saja menawarkan konsep yang memudahkan setiap sektor kehidupan masyarakat di nagari tersebut. Baik itu dalam sektor pendidikan, pemerintahan, kesehatan, tata ruang, transportasi, administrasi dan hal lainnya yang terkait dengan data. Untuk mewujudkannya tentu saja dibutuhkan manajemen yang baik, yaitu menggunakan sistem yang saling terintegrasi dan itu semua terkait dengan jumlah data yang banyak.

Sehingga teknologi Big Data menjadi solusinya, karena mampu mengolah data dengan jumlah banyak dan dalam rentang waktu relatif lebih cepat. Menggunakan Big Data ini, tentu saja akan memberikan kemudahan untuk semua masyarakat. Sehingga tidak ada lagi namanya birokrasi berbelit dan proses yang terlalu lama, masyarakat akan mendapatkan kepuasan dalam pelayanan.

2. Dasar Pengambilan Keputusan.

Hasil olahan dari Big Data yaitu berupa data analitik, dimana mampu memberikan data pendukung yang akurat untuk digunakan dalam pengambilan keputusan. Sehingga data tersebut, bisa menentukan langkah-langkah yang strategis untuk kemajuan nagari. Contoh sederhana, dalam pengambilan keputusan pemberian subsidi.  Agar subsidi tepat sasaran, data ini bisa digunakan dalam menentukan warga yang berhak dan tidak berhak menerimanya.

3. Terciptanya Lingkungan Sejuk dan Bersih.

Smart nagari tentu saja tidak hanya sekedar memberikan banyak kemudahan saja. Melainkan, juga bisa membantu dalam menjaga lingkungan tetap nyaman dan layak huni. Misalnya, melalui Data yang terintegrasi dengan pihak kepolisian, tentu saja akan mudah dalam mendapatkan informasi terkait pengurangan gas emisi dan dan polusi udara. Karena data pemilik kendaraan sudah ada di nagari dan kepolisian. Selain itu, juga akan membantu dalam pengelolaan sampah, agar bisa ramah lingkungan. Menentukan retribusi yang akan dipungut serta mengetahui jumlah sampah yang harus dibuang setiap harinya.

4. Keamanan Terjamin.

Karena cara kerja dari Smart Nagari menggunakan teknologi Big Data ini adalah cepat dan akurat. Maka akan memberikan rasa aman terhadap masyarakat di nagari, dari berbagai tindakan kejahatan atau tindakan yang tidak diinginkan. Karena setiap setiap penjuru atau lokasi strategis di nagari, tentu saja dilengkapi dengan sensor camera untuk merekam setiap kejadian. Sehingga, dapat dilakukan penanganan dengan cepat, karena telah memberikan informasi secara realtime dalam big data

5. Efisiensi Energi.

Kemampuan lain dari Big Data yaitu, mampu memonitoring dalam penggunaan energi setiap warga di nagari tersebut. Tidak hanya energi listrik saja, melainkan juga mampu memonitor setiap saat penggunaan energi bahan bakar dan air bersih. Sehingga, penggunaan energi dan sumber daya di nagari tersebut terdorong lebih efesien.

Begitu banyak kelebihan yang dihadirkan oleh Big Data, jika digunakan dalam proses pelayanan dan pengelolaan pemerintahan di nagari. Karena itu, saat ini penggunaan Big Data menjadi sebuah keharusan dalam mewujudkan sebuah kota “cerdas” atau Smart City. Sehingga tidak heran, jika teknologi ini banyak diterapkan kota-kota di negara maju.

Nah, sebagai suatu pemerintahan terendah di negara yang perkembangan dan pertumbuhannya juga pesat. Memang seharusnya, kita menggunakan teknologi Big Data dalam mewujudkan Smart Nagari. Dengan menghimpun seluruh potensi yang ada di Nagari, termasuk sumber daya alam dan sumber daya manusianya. Dan semua unsur di Nagari bersepakat untuk bersama-sama mensejahterakan masyarakat serta mendukung kemajuan Nagari. InsyaAllah.

*) PNS Pemkab. Padang Pariaman dan Pemerhati Masalah Sosial Kemasyarakatan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!