Jenderal Fakhrizal Dijamu Dunsanaknya di Kamang : Doakan Ijal Lancar Jadi Gubernur.

Catatan : Awaluddin *)

0 28

KAMANG, TINTA RAKYAT – Sabtu itu menjadi hari sangat penting bagi warga Kampung Kamang Mudiak, Agam. Tempat asal dan kelahiran Cagub Sumbar Irjen Pol. (Purn) Drs. H. Fakhrizal, MHum. 

Mereka sempat berlama lama bertemu dengan Ijal, panggilan akrab Jenderal Fakhrizal sejak kecil hingga sekarang.

Ijal dijamu orang kampungnya yang hampir semuanya dunsanak, di sebuah posko FaGe nagari Kamang Mudiak. Posko itu cukup sederhana dan mampu menampung puluhan warga yang duduk di dalamnya. Sebagian memilih berdiri di sekitar posko, meski hari panas terik saat itu. 

Jenderal Fakhrizal datang dengan pakaian khasnya selama jadi Cagub. Celana kain coklat berkantong banyak, baju putih dan berkopiah hitam.

Ini stelan Cagub Fakhrizal yang sangat disukai publik. Saat foto Fakhrizal berpakaian sama, tetapi ditambah dengan kain sarung di leher, dipajang di akun fb Awaluddin Awe, jumlah pemirsanya mencapai 500 lebih. Artinya, masyarakat suka melihat Fakhrizal berpakaian total ninik mamak seperti itu.

Tapi saat di lapangan, Jenderal Fakhrizal lebih suka memakai celana kain berkantong banyak itu. Mungkin supaya terlihat lebih lapangan, gitu.

Saat berada di posko Fage itu, Jenderal Fakhrizal kembali mengalami tekanan adrenalin. Saat seseorang yang sudah lanjut usia tapi tak dikenali namanya, ketika bersalaman sempat berbisik ke telinga Fakhrizal.

“Lengkapi kebanggaan kami Ijal, dengan cara engkau menjadi Gubernur Sumbar,” bisik lelaki tua itu. Namun bisikan itu, sempat terdengar oleh telinga wartawan yang meliput kunjungan Fakhrizal itu.

Ijal, anak miskin saat sekolah karena gaji ayahnya sebagai anggota TNI tidak seberapa. Kini ia menjadi jenderal polisi dan menjadi pula calon gubernur Sumbar, memang amat dibanggakan dunsanak di Kamang Mudiak.

Nagari Kamang Mudiak berada dalam wilayah Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat. Luas Nagari: 73  kilometer persegi atau 73,29 persen dari luas wilayah Kecamatan Kamang Magek.

Berjarak lebih kurang 5 kilometer dari ibu kota kecamatan, 93 kilometer dari ibu kota kabupaten dan 110 kilometer dari ibu kota provinsi.

Nagari Kamang Mudiak berpenduduk 10.276 jiwa (2017) terdiri dari 4.972 laki-laki dan 5.304 perempuan. Terdiri dari 8 jorong, yakni : Aia Tabik, Durian, Pauh, Padang Kunyik, Halalang, Babukik, Bansa dan Pakan Sinayan.

Daerahnya cukup terdidik, karena memiliki sarana belajar cukup memadai, seperti SD 12 unit (negeri), SMP 1 unit (negeri), SMK 1 unit (negeri), MI 1 unit (negeri), MTs 3 unit (swasta) dan MA 3 unit (swasta)

Sedangkan fasilitas kesehatan yang tersedia disini adalah Puskesmas Pembantu 5 unit dan Polindes 2 unit.

Menanggapi permintaan orang tua tadi, Fakhrizal tak langsung menjawab. Sejenak Ijal terdiam dan tersenyum. Tak lama setelah itu, barulah Fakhrizal menjawab. “Insya Allah, doakan Ijal lancar lancar saja menuju kursi Gubernur Sumbar,”.

Lelaki tua itu pun membalas ucapan Fakhrizal. Ia menuturkan saat Fakhrizal menjadi Kapolda Sumbar, orang Kamang sudah bangga dengan Fakhrizal. Apalagi menjadi Gubernur. Lama sudah orang Kamang memimpikan putra daerahnya menjabat sebagai pemimpin di Sumbar ini.

“Jadi Kapolda saja, kami orang di Kamang ini sudah bangga. Apalagi jadi Gubernur. Kami bangga punya anak seperti kamu Jal. Insya Allah kami selalu mendoakan,” ucapnya.

Bagi Fakhrizal, pesan ini merupakan titah yang harus diwujudkan. Walaupun berasal dari mulut masyarakat di Kamang Mudiak, tetapi pesan ini sudah mewakili seluruh orang Agam. Pastinya, baik buruknya kepemimpinan Fakhrizal akan mempengaruhi Marwah urang Agam.

“Insya Allah, saya akan melakukan yang terbaik untuk Sumbar. Baik buruk saya sebagai putra asli Kamang, bakal berimbas pada Marwah dan martabat urang Agam, khususnya orang Kamang. Saya tidak ingin menorehkan hal yang buruk. Sosok pemimpin, pasti akan dikenang lama. Makanya, saya ingin mengangkat nama orang Agam dengan kinerja dan prestasi nantinya,” kata Fakhrizal.

Untuk melengkapi kebanggaan urang Agam, khususnya dunsanak di Kamang. Fakhrizal meminta doa dan dukungan seluruh orang Agam, untuk bisa melancarkannya menjadi Gubernur Sumbar periode 2021-2024. (AS)

*) Koordinator Tim Media Centre Fage Sumbar.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!