Bencana adalah Urusan Bersama, BPBD Padang Pariaman Kolaborasi dengan Poltekkes Kemenkes.

0 82

Sungai Sariak, Tinta Rakyat – Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman tandatangani kerjasama dengan Politeknik Kesehatan – Kementrian Kesehatan (Poltekes Kemenkes) Padang Sumatera Barat, tentang Tridharma Perguruan Tinggi, bertempat di Ruang Rapat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Pariaman di Nagari Limpato Sungai Sariak Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, pada Kamis (1/7).

Surat perjanjian kerjasama itu ditandatangani oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Padang Pariaman Budi Mulya, ST, M.Eng. mewakili Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dan Direktur Politeknik Kesehatan – Kementrian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Padang, Dr.Burhan Muslim, SKM. M.Si. Kerjasama ini nantinya, akan dikembangkan dalam lingkup kebencanaan di wilayah Kabupaten Padang Pariaman. Seperti bidang pendidikan, bidang penelitian dan pengembangan serta bidang pengabdian masyarakat.

Kepada media, Kepala Pelaksana BPBD Kab. Padang Pariaman Budi Mulya, ST, M.Eng. mengatakan. Bahwa bencana adalah urusan bersama, maka dengan adanya kerjasama ini adalah untuk menyatukan keterlibatan seluruh unsur penthahelix bencana, seperti unsur Pemerintah, Dunia usaha, masyarakat, insan pers dan akademisi/perguruan tinggi.

Lebih lanjut, Budi Mulya mengatakan. Sebelumnya BPBD telah melaksanakan kerjasama dengan beberapa Perguruan tinggi yang ada di wilayah Sumatera Barat. Seperti Universitas Taman Siswa, Universitas Negeri Padang dan Universitas Andalas.

“Implementasi kerjasama ini, berupa pelaksanaan kegiatan pendidikan manajemen bencana, praktek kerja lapangan, penelitian, inovasi penanggulangan bencana serta sosialisasi dan edukasi kebencanaan”. jelas Budi yang mantan Kadis PU ini.

Selain itu, Poltekes Kemenkes Padang dan BPBD Kabupaten Padang Pariaman, juga akan melaksanakan bersama kegiatan pembentukan Nagari Tangguh Bencana.

Pada kesempatan itu, Direktur Poltekkes Kemenkes Padang, Dr. Burhan Muslim, SKM. M.Si. yang didampingi lengkap seluruh Wakil Direktur dan Kasubag serta dosen peneliti mengatakan. Bahwa Poltekkes Kemenkes sudah memiliki Tim Siaga Bencana (TSB) yang berbasis kesehatan masyarakat, yang sudah dilatih tiap tahun.

“Dengan kekuatan Sumber Daya Manusia yang dimiliki sebanyak 2400 mahasiswa dan 142 dosen, Poltekkes Kemenkes siap untuk berkolabolasi dengan BPBD Kabupaten Padang Pariaman. Baik dimasa Pra Bencana, masa Keadaan Darurat dan masa Pasca Bencana”, ungkap Direktur Poltekkes Kemenkes Padang tersebut.

Turut hadir dalam acara itu, Kepala Bidang Penanggulangan Kedaruratan Wirman, SAP, MPA. dan Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi Yendri Munir, ST. serta beberapa Kasi dan Staf BPBD Kabupaten Padang Pariaman (AS)

Ads

IMG-20230107-WA0016
20221218_171931
IMG-20221218-WA0002
20240106_175354
IMG-20230107-WA0016 20221218_171931 IMG-20221218-WA0002 20240106_175354

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!